Selasa, 09 Oktober 2012

Semerbak Harum Mahdi as (Bagian kesembilan)

Semerbak Harum Mahdi as (Bagian kesembilan) 

Ya Allah...limpahkan kasih sayang dan kemuliaan pada hamba-hamba Mu yang papa. Bebaskan mereka dari belenggu kezaliman dan kemungkaran. Kau yang menyeru agar kami menyirami bunga-bunga harapan di hati kami hingga kemunculan sang juru selamat dunia, saat langit membuka seluruh pintunya demi tercurahkannya rahmat Mu.

Ya Allah...demi bintang-bintang yang menyinari langit dan bumi, pancarkan sinar pagi kebenaran ke seluruh penjuru bumi, pagi yang cahaya terangnya menyirnakan kegelapan dari hati para penanti. Ya Allah, Tuhan Yang Maha Esa, percepatlah kemunculan Mahdi as.
Kemunculan sang juru selamat dunia, Imam Mahdi as, setelah dunia dipenuhi dengan kebatilan, merupakan sebuah kenyataan yang disepakati oleh seluruh agama dan masyarakat dunia. Para nabi dan utusan Allah swt juga telah menyampaikan fakta ini. Meski kitab-kitab suci pada masa sebelum Islam, telah didistorsi, namun kenyataan kemunculan Imam Mahdi as sedemikian mengakar sehingga tidak dapat dengan mudah untuk dihapus. Menariknya adalah bahwa sebagian petunjuk yang ada sedemikian jelas hingga memaparkan sifat dan kriteria Imam Mahdi as. Secara keseluruhan, berdasarkan riwayat dan penjelasan dari para pemuka agama dunia, kriteria Imam Mahdi as dapat disimpulkan dalam empat poin.
Poin pertama, universalitas dan globalitas dampak kemunculan Imam Mahdi as. Kedua adalah mengenai karakter Imam Mahdi dan hubungannya dengan Nabi Muhammad saw. Ketiga, kondisi dunia pada masa munculnya Imam Mahdi as. Dan Keempat adalah kesiapan masyarakat dunia untuk menyambut munculnya sang juru selamat. Keempat poin tersebut merupakan kesimpulan dari seluruh petunjuk yang ada dalam kitab-kitab suci.
Berdasarkan apa yang tertera dalam kitab-kitab langit, Imam Mahdi as akan melakukan perlawanan terhadap kebatilan dan kezaliman, yang tidak pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah. Hasil dari perjuangan beliau akan meliputi seluruh wilayah dunia. Imam Mahdi as akan menyeru seluruh umat manusia kepada kebenaran dan kebaikan.
Dalam kitab Hujjah Nabi, mengutip dari firman Allah swt disebutkan, "Pada masa itu aku akan mengejutkan seluruh bangsa dunia". Dalam kitab Safniya Nabi juga disebutkan mengenai globalitas dampak kebangkitan Imam Mahdi as. Disebutkan, Aku akan menghancurkan seluruh kerajaan dan pemerintahan demi menyeru seluruh kelompok masyarakat...ketika itu aku akan mengutus seorang yang bersih untuk memimpin setiap kaum sehingga semua orang beribadah atas nama Allah dengan satu cara."
Dalam petunjuk lainnya, juga disebutkan tentang asal-usul keturunan Imam Mahdi as. Dalam kitab Jamasib disebutkan berbagai peristiwa bersejarah pada masa lalu dan masa depan. Disebutkan kondisi para nabi, auliya, dan para raja. Kitab ini juga mengutip pernyataan kaum Zoroaster tentang sang juru selamat dunia. Disebutkan bahwa ia adalah keturunan Bani Hashim. "AKan datang seorang dari bumi Arab, sosok besar yang akan muncul dengan pasukan besar, ia akan memenuhi bumi dengan kesejahteraan dan keadilan".
Dalam kitab Zabur yang dibawa oleh Nabi Daud as, Nabi Muhammad saw disebut sebagai Raja dan Imam Mahdi as disebut sebagai Putra Raja, yang merupakan gambaran dari dua manusia sempurna. Dalam kitab ini disinggung mengenai kebangkitan Imam Mahdi dan penegakan keadilan di muka bumi. Dalam sebuah doa yang tercantum dalam kitab Zabur disebutkan, "Ya Tuhan kami, limpahkanlah syariat dan titah-Mu pada raja dan berikan keadilan-Mu kepada Putra Raja, hingga ia akan memerintah umat-Mu dengan keadilan dan berperilaku adil kepada para fakir, menyelamatkan orang-orang miskin, dan mengalahkan kaum zalim".
Dalam berbagai petunjuk yang tercantum dalam kitab-kitab langit, disebutkan bahwa pasca kemunculan Imam Mahdi as, dunia memiliki penampilan yang sangat berbeda seakan seluruh makhluk memiliki wajah baru. Pada masa kemunculan Imam Mahdi as situasi di bumi dan langit akan berubah total. Hubungan dalam dunia hewan seperti serigala dan kambing yang selalu bermusuhan juga akan berubah. Pengaruh keadilan pada setiap aspek dalam kehidupan sedemkian mendalam sehingga keamanan dan ketenteramannya, juga dapat dirasakan oleh seluruh makhluk hidup, tak terkecuali hewan. Tuntutan umat manusia akan terpenuhi melalui cara yang ideal. Seluruh keterbatasan dan kesulitan masyarakat dunia juga akan sirna.
Masih banyak lagi kriteria dan petunjuk mengenai Imam Mahdi as yang disebutkan dalam al-Quran dan riwayat. Secara keseluruhan masalah ini menjelaskan sebuah fakta bahwa Imam Mahdi as adalah sosok agung dari keturunan orang-orang suci. Berdasarkan riwayat dari Rasulullah saaw, sang juru selamat dunia tersebut tak lain adalah Imam Mahdi, putra Sayyidah Fatimah as, dan keturunan Ahlul Bait. (IRIB)

 

0 komentar:

Posting Komentar